Langsung ke konten utama

Halo Surabaya (part III)

Mencoba melupakan sabun yang terlupakan, eh yang tertinggal. Mencoba memaafkan diri sendiri atas kecerobohan yang bukan baru sekali aku lakukan. 
Oke, berjalan keluar menyusuri jalan perumahan keputih tegal timur. Jalanan hampa tanpa satu angkot pun yang melintas, yang ada hanya beberapa motor dan mobil pribadi. Harus ikhlas jalan kaki menuju pasar, jarak yang tidak dekat pasti menambah rasa lengket di badan, sudahlah, karena ada mama semua yang nampaknya berat dan menyebalkan mampu aku lewati dengan tawa. Aaaah mama ❤

Tapi sepertinya Allah tau kami lelah, di tengah perjalanan seorang tukang becak lewat. Ehehe rezeki anak solehah nih.. 
Ya udah, ke pasar nya ga jadi jalan kaki. Alhamdulillah.. 
Oh iya, aku dan mama sampe lupa kalo lagi di tanah Jawa, ngobrol seenaknya dengan bahasa Palembang dan suara agak keras. Tiba-tiba pak sopir becah memotong obrolan kami, sambil mengayuh sepedanya pak sopir becak nya nanya, 'mau kemana?' Dengan logat jawa yang medhoook. 
Entahlah aku selalu suka mendengar orang bicara dengan logat jawa yang medhoook itu, terlebih lagi jika dia bicara dalam bahasa Jawa yang ga aku mengerti sama sekali. 
Ketika pak sopir becak mengajak kami bercerita, menanyakan asal kami dari mana, aku menikmati setiap kata yang ku dengar dengan dialeg jawa murni itu. 

Oh ya, pagi itu Surabaya cukup cerah. Aku duga derajat panas nya mencapai 28 derajat celcius, ya ga jauh beda dari Palembang. Oh ya, kalo kata temenku Surabaya itu termasuk Wita, sebenernya ga kok. Masih Wib juga, sama ky Palembang. 
Eh tapi, sama nya sedikit, beda nya buaaanyaaaaak.. 
Yang pertama ya dari bahasa, karena setiap naik angkot mama pasti milih duduk depan deket sopir, biar bisa ngobrol gitu katanya. Ampun dah, bu ibu satu ini kelewat aktif. kami pasti di tanya sama sopir angkot nya 'asli mana mbak?' Atau kalo sopir angkot nya kebetulan orang Madura 'sampeyan dari mana?' 
Ga cuma di angkot sih, di tempat-tempat makan juga gitu, termasuk beberapa satpam ITS . Karena meskipun kita udah pake bahasa Indonesia tqpi logat Jawa nya ga keluar, pasti di tanya gitu, asalnya dari mana. 
Beda yang ke dua, dari lidah. Ahaha maksud nya selera makan nya. Dan menurut survey ke beberapa tempat makan yang pernah kami datangi, makanan nya manis-manis. Bener apa kata orang kalo orang Jawa masakan nya manis-manis. Ga manis biasa, tapi manis pake banget. Dua hari pertama aku dan mama sempet ga nafsu makan, dan makan se porsi berdua pun tetep ga abis. Sampe akhirnya ketemu 'nasi goreng berantakan' barulah selera makan kami pulih. Eh tapi ada yang ga manis ding, soto lamongan yang pertama kali kami coba pas baru sampe Surabaya itu loh, uenaaaak tenan rek. 
Beda yang ketiga, apa yaaa.. mungkin dari harga makanan deh, di sini agak miring kalo istilah Palembang sih, hahah maksud nya agak murah lah. 
Beda yang keempat, orang nya.. iya msyarakat nya, lembut dan ramah-ramah. Bukan berarti orang Palembang ga ramah sih. Dari hasil pengamatan selama hampir seminggu di sini orang sekitar ku cepet banget meng akrab kan diri, loh bukan aku nya yang meng akrab kan diri. Malah mereka. Misalnya, ibu-ibu penjual makanan di samping kost kost an, ibu kost dan bapak kost (eh aku beruntung sih dapet ibu kost yang baik, pas mau pindahan dari kost keputih tegal timur ke keputih timur, aku di anterin pake mobil nya bapak kost, di bantuin angkat koper-koper) apa emang tugas nya yang punya kost ya? Eh kayanya ga deh. Terus aku juga di ajakin jalan, ga jalan sih, naik motor tepatnya. Liat-liat (calon) kampusku, di kasih liat jalan pintas dari kost ke kampus. Baik banget kan? 
Terus ada lagi yang aku repotin, satpam ITS, aku lupa namanya bapak siapa, bapak itulah yang nganterin aku cari kost baru, dan temen nya bapak itu yang nemenin mama selama aku cari kost kost an, kata mama, dia di ajakin ngobrol soal IT dan hp, juga tentang wifi kampus. Ahahah kata mama sih, pusing karena ga begitu paham. 
Ada lagi mas satpam yang aku repotin, ga tau siapa nama nya, ga sempet kenalan sih hahaha.. dia yang nganterin aku dan mama ke BAK ITS buat daftar, karena kebetulan pas lewat kami nanya jalan ke BAK, trs dia nanya kami ke sana nya naik apa? 'Jalan pak' jawab ku dengan wajah yang ga di buat-buat emang udah melas dari sono nyo. 
'Wah jauh mbak, saya anterin aja' aku ga meng iya kan loh, aku cuma liat ke mama. Terus dia bilang lagi 'ntar ibu nya tak anter juga' baru deh aku ngangguk dengan semangat. Hahahah

Ya kali, baru berapa hari di Surabaya udah banyak ngerepotin orang, eh tapi itu semua aku ga minta, ky bapak yang nawarin cari kost kost an, beliau yang nawarin karena katanya kasihan liat kami jalan panas-panas an, baik yaaa.. 
Ibu kost yang ngajak aku jalan-jalan juga, dia yang maksa aku naik motor nya, 'biar tak kasih liat jalan pintas, nanti kamu bisa jalan ke kampus' gitu katanya. Dan bapak kost yang menawarkab mobilnya sekaligus nganterin kami buat ambil barang dari kost lama, aku juga ga minta. Karena awalnya mau pake taksi, tapi katanya ga usah. Nanti mahal. Aduuuh baik banget paaaak.. 
Eh tapi, semua orang baik itu, aku yakin Allah yang kirim. Allah kirim mereka untuk bantu aku dan mama. Allah yang gerakkan hati mereka untuk bantuin aku. 
Aaaah, pokok nya makasih Allah...
Dan untuk bapak-bapak dab ibu-ibu yang udah baik, ramah, dan nolongin aku juga mama, semoga Allah membalas kebaikan kalian dengan pahala yang berlipat deh, semoga rezeki nya juga di tambah lagi dan lagi oleh Allah.. aamiin... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mula Sebuah Kisah

15 Juni 2016, Aku menatap layar ponselku, satu komentar baru tersemat di sebuah postingan lamaku yang berjudul Puisi Tak Bertuan.  "Happy birthday. Mungkin hari ini membuatmu bahagia, mungkin juga tidak. Semoga kebahagiaan selalu menyertaimu dan semoga sisa umurmu lebih bermanfaat dan barokah"  Aku terdiam sejenak, dia menjejak lagi di laman komentar blog pribadiku masih dengan identitas yang disembunyikan, anonim. Seperti tak mengenal lelah akan abainya sikapku, ia mencoba berbagai cara hanya agar pesannya berbalas. Baiklah. Namun  harus kuakui dialah satu-satunya orang yang mendoakanku tepat di hari itu, selain kedua orang tuaku. Maka demi menghargai niat baiknya, kuucap terimakasih dan kubalas ia dengan doa yang sama. Semoga kebahagiaan selalu menyertai sepanjang hidupmu .  15 Juni 2018,  Hari itu bertepatan dengan 1 Syawal penanggalan kalender hijiriah di tahun 1439. Beberapa hari terakhir aku berteman dengan kesakitan bernama pening, sepagi itu aku terb

Aku Juga Menunggu, Bu

Pagi ini Ibu gelisah, wajahnya terlihat jengkel. Bolak-balik ia masuk kamar. Akhirnya tanpa kutanya, ia menjawab. "Adikmu jika ditunggu lama sekali"  Aku tersenyum tipis, "aku juga sedang menunggu, bu"  "Siapa?"  "Entahlah"  Ibu kemudian meninggalkanku, mungkin ia semakin jengkel, mungkin ia kira aku menggodanya. Padahal aku sungguh-sungguh menunggu. Meski tak tahu siapa yang kutunggu.  ...bukankah kita tak perlu 'apa dan siapa' untuk bisa menunggu?  Bukankah menunggu hanya perlu keyakinan bahwa yang ditunggu pasti datang?  Apapun itu, siapapun itu...  Hey, kamu... aku masih menunggu Pendopo, Juli 2015

Puisi Tak Bertuan

Menjadi hujan... Aku adalah hujan Yang mungkin kamu benci Ketika aku turun tanpa permisi Membasahi lagi cucianmu yang nyaris kering Aku adalah hujan Yang mungkin kamu tunggu Di teriknya siang di Surabaya Aku adalah hujan Yang katanya kamu sukai Tapi kamu lebih memilih berlindung di balik jendela kamarmu Aku adalah hujan Yang mungkin kamu tunggu Tapi kamu selalu berteduh, tidak menyambutku ramah Aku adalah hujan Yang tidak akan pernah lagi menyapamu Karena aku adalah hujan